Belajar Object Oriented Programming dengan Mudah

Belajar Object Oriented Programming dengan Mudah

Belajar object oriented programming ternyata tidak terlalu sulit asalkan Anda tahu tips dan trik yang benar. Sebelumnya Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan object oriented programming sebelum belajar lebih jauh.

OOP (Pemrograman Berorientasi Objek) adalah metode pemrograman berorientasi objek. Tujuan OOP diciptakan adalah untuk memfasilitasi pengembangan program dengan mengikuti model-model yang sudah ada dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi setiap bagian dari masalah adalah objek, sekarang objek itu sendiri adalah kombinasi dari beberapa objek yang lebih kecil.

Hal ini juga berpengaruh dalam program, dalam sebuah objek yang besar dibentuk dari beberapa objek yang lebih kecil. Lalu kemudian objek objek itu saling berkomunikasi dan juga berkirim pesan pada objek lain.

Mengenal Konsep Sebelum Belajar Object Oriented Programming

Terdapat beberapa konsep untuk belajar Object Oriented Programming yang harus Anda ketahui

Kelas Abstrak

  • Kelas adalah deskripsi abstrak informasi dan perilaku dari sekumpulan data.
  • Kelas dapat diilustrasikan sebagai cetak biru atau prototipe yang digunakan untuk membuat objek.
  • Kelas adalah tipe data untuk objek yang merangkum data dan operasi pada data dalam satu unit.
  • Kelas mendefinisikan struktur yang terdiri dari data kelas (bidang data), prosedur atau fungsi (metode), dan properti kelas (properti).

Enkapsulasi

  • Istilah enkapsulasi sebenarnya adalah kombinasi dari data dan fungsionalitas dalam satu unit sebagai bentuk untuk menyembunyikan informasi terperinci.
  • Proses enkapsulasi membuat kita mudah untuk menggunakan objek dari kelas karena kita tidak perlu mengetahui semuanya secara rinci.
  • Enkapsulasi menekankan antarmuka suatu kelas, atau dengan kata lain bagaimana menggunakan objek kelas tertentu.
  • Contoh: kelas mobil menyediakan antarmuka fungsional untuk menjalankan mobil, yang tanpanya kita perlu mengetahui komposisi bahan bakar, udara, dan panas yang diperlukan untuk proses tersebut.

Warisan (inheritance)

  • Kita dapat mendefinisikan kelas baru dengan mewarisi sifat dari kelas lain yang sudah ada.
  • Warisan ini dapat dilakukan secara bertahap, sehingga saat turun kelas akan menjadi lebih spesifik.
  • Sub kelas memungkinkan kita untuk melakukan spesifikasi terperinci dan perilaku spesifik kelas super.
  • Pada konsep ini, Anda dapat menggunakan kode yang telah ditulisnya di kelas super berulang kali di kelas turunan tanpa harus menulis ulang semua kode.

Polimorfisme

  • Polimorfisme adalah kemampuan benda-benda dari kelas yang berbeda tetapi terkait dalam pewarisan untuk merespons secara berbeda terhadap pesan yang sama.
  • Polimorfisme juga dapat dikatakan sebagai kemampuan suatu objek untuk memutuskan metode mana yang akan diterapkan padanya, tergantung pada lokasi objek pada tingkat pewarisan.
  • Metode utama.
  • Metode Nama overloading.

Belajar Object Oriented Programming dengan Membuat Class

Kelas merupakan konsep OOP yang digunakan untuk dapat merangkum / membungkus data dan abstraksi prosedural yang diperlukan dalam menggambarkan isi dan perilaku berbagai entitas. Kelas juga merupakan deskripsi umum (mis. Templat, pola, cetak biru) yang dapat menggambarkan sekumpulan objek yang identik. untuk membuat kelas dalam pemrograman PHP dapat digunakan dengan menambahkan kata kunci kelas lalu diikuti dengan nama kelas yang akan dibuat Property pada Sebuah Class.

Properti Ini juga bisa disebut variabel Kelas sementara metode biasa dalam bentuk fungsi. Pada Class Anda akan menambahkan properti baru dengan nama ke konsep OOP dalam bahasa pemrograman PHP.

Hal ini berguna untuk mendeklarasikan properti dengan menggunakan kata kunci var kemudian diikuti dengan nama property.

Bagaimana sekarang Anda sudah mengetahui tentang belajar object oriented programming dengan baik bukan? Selamat mencoba dan belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *